Capaian Pembelajaran Lulusan
1. | Aspek Sikap (S) | Acuan | |
| S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; | SN-Dikti |
|
S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
SN-Dikti |
| S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; | SN-Dikti |
| S4 | Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; | SN-Dikti |
| S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | SN-Dikti |
| S6 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | SN-Dikti |
| S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | SN-Dikti |
| S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | SN-Dikti |
| S9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan | SN-Dikti |
| S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; | SN-Dikti |
2. | Aspek Pengetahuan (P) | Acuan | |
| P1 | Menguasai konsep teoritis administrasi, organisasi, birokrasi, kebijakan publik, pelayanan publik, perilaku organisasi, keuangan negara, reformasi administrasi, governansi publik; | IAPA |
| P2 |
Menguasai konsep teoritis secara umum ilmu politik dan teori sosial; | IAPA |
| P3 | Menguasai prinsip-prinsip dan kaidah ekonomi makro, hukum administrasi negara, manajemen risiko, dan etika administrasi publik; | IAPA |
| P4 | Menguasai metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, minimal metode survei, penelitian lapangan, studi kasus, studi dokumen, dan penelitian kebijakan, administrasi pembangunan; dan | IAPA |
| P5 |
Menguasai prinsip-prinsip dan teknik komunikasi persuasif, baik lisan maupun tulisan. | IAPA |
3. | Aspek Keterampilan Umum (KU) |
| |
| KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan; | SN-Dikti |
| KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; | SN-Dikti |
| KU3 | Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototipe, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; | SN-Dikti |
| KU4 | Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; | SN-Dikti |
| KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya; | SN-Dikti |
| KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya; | SN-Dikti |
|
KU7 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
SN-Dikti |
| KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan | SN-Dikti |
| KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | SN-Dikti |
4. | Aspek Keterampilan Umum (KU) |
| |
| KK1 | Membuat Instrumen Kajian dan Analisis Kebijakan | KKNI Analis Kebijakan |
| KK2 | Melakukan Pengumpulan Data dan Informasi untuk Kajian dan Analisis Kebijakan | KKNI Analis Kebijakan |
| KK3 | Menyusun Laporan Kajian dan Analisis Kebijakan | KKNI Analis Kebijakan |
|
KK4 | Menghubungkan dan Meramu Informasi dari berbagai Sumber Lisan Maupun Tulisan |
KKNI Analis Kebijakan |
| KK5 | Menyusun desain Kajian dan Analisis Kebijakan | KKNI Analis Kebijakan |
| KK6 | Menyajikan Informasi Penelitian Terkini | KKNI Analis Kebijakan |
| KK7 | Mempublikasikan Naskah Kebijakan | KKNI Analis Kebijakan |
| KK8 | Melakukan Komunikasi di Tempat Kerja | KKNI Analis Kebijakan |
| KK9 |
Menyusun Rekomendasi Kebijakan
| KKNI Analis Kebijakan |
| KK10 | Menyusun Bahan Publikasi Rekomendasi Kebijakan
| KKNI Analis Kebijakan |
| KK11 | Menganalisis Data Pembangunan | KKNI Analis Kebijakan |
| KK12 | Menganalisis Potensi dan Permasalahan Pembangunan | KKNI Analis Kebijakan |
| KK13 | Mampu membaca, menganalisis, menggunakan data dan informasi (big data) di dunia digital. | Panduan Penyusunan Kurikulum |
| KK14 | Mampu memahami cara kerja mesin, aplikasi teknologi | Panduan Penyusunan Kurikulum |
| KK15 | Mampu memahami humanities, komunikasi dan desain | Panduan Penyusunan Kurikulum |